Gambaran Tingkat Kecemasan Wanita Usia Subur yang Mengalami Keputihan Patologis

  • Aprilina Sulistya Andari Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Dian Pitaloka Priasmoro Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Indari Indari Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
Keywords: Keputihan; Kecemasan; Wanita Usia Subur

Abstract

Pendahuluan: Keputihan yang terjadi dapat menekan kejiwaan seseorang karena keputihan dapat kambuh dan muncul kembali sehingga dapat berpengaruh pada seseorang baik secara fisiologi maupun psikologis dan dapat menimbulkan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan wanita usia subur yang mengalami keputihan patologis.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua wanita usia subur yang mengalami keputihan di RW 08 Desa Mojosarirejo sebanyak 101 wanita. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi wanita usia subur usia 20-45 tahun yang bersedia menjadi responden dan masih mengalami menstruasi, wanita usia subur usia 20-45 tahun yang mengalami dan pernah mengalami keputihan patologis, dan wanita usia subur usia 20-45 tahun yang tidak buta huruf, jumlah sampel sebanyak 35 responden. Variabel yang diteliti adalah tingkat kecemasan Wanita Usia Subur yang mengalami keputihan patologis. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner DASS 42 yang terdiri dari 14 pernyataan tentang ansietas, yang mengevaluasi bagaimana perasaan responden, selanjutnya data yang yang terkumpul di analis dengan analisis Univariat dan di sajikan dalam bentuk persentase.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mengalami kecemasan ringan sebanyak 19 responden (54%), sebagian kecil mengalami kecemasan sedang sebanyak 11 responden (32%), dan sebagian kecil tidak mengalami kecemasan atau normal sebanyak 5 responden (14%). Kecemasan yang terjadi dimungkinkan karena beberapa faktor yaitu usia, pendidikan, dan pengetahuan yang kurang.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian diharapkan responden peduli akan kesehatannya dengan cara mencari informasi. Dengan mengetahui informasi penanganan penyakit maka akan membentuk mekanisme koping yang baik sehingga tidak salah persepsi dan menimbulkan kecemasan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat berguna sebagai acuan pengembangan ilmu keperawatan dan perencanaan keperawatan melalui promosi kesehatan.

Author Biographies

Dian Pitaloka Priasmoro, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang

Nursing

Indari Indari, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang

Nursing

References

Bahari, H. (2012). Cara Mudah Atasi Keputihan. Jakarta: Buku Biru

Diani, N., Choiruna, H. P., Aprilyani, O., Ilham, A. M., & Noor, M. F. (2022). Tingkat Kecemasan Dan Mekanisme Koping Pada Penderita Diabetes Melitus Di Masa Pandemi Covid 19. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 7, No. 1).

Fadila, A. Z. B., & Daliman, S. U. (2018). Kecemasan orang tua menghadapi hospitalisasi anak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasanah, A., Priasmoro, D. P., & Zakaria, A. (2022). Gambaran Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Prodi DIII Keperawatan Tahun Angkatan 2021–2022 di ITSK RS dr. Soepraoen Malang. Journal of Borneo Holistic Health, 5(1), 28-36.

Khuzaiyah, S., Krisiyanti, R., & Mayasari, I. C. (2015). Karakteristik wanita dengan fluor albus. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(1).

Kursani, E., Marlina, H., & Olfa, K. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Putri di SMA PGRI Pekanbaru Tahun 2013. Jurnal Martenity and Neonatal, 3(2), 30-35.

Mubarak, W. I., Indrawati, L., & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar.Jakarta: Salam Medika

Prawirohardjo, S. (2014). Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Priasmoro, D. P., Indari, I., Dwiona, M. R., & Susanto, I. (2022). Factor Predictors of Prolonged Stress of University Students Taking Online Learning. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 9(1), 092-098.

Priyanti, S., & Syalfina, A. D. (2017). Alat Kontrasepsi dan Aktivitas Seksual sebagai Faktor yang Berpegaruh terhadap Kejadian Keputihan. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(3), 371-382.

Purnama, C. Y. I., Priasmoro, D. P., & Kurniawan, A. W. (2022). Gambaran Gangguan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Tingkat Akhir Yang Mengalami Stres Di Itsk Rs Dr. Soepraoen Malang. Journal of Borneo Holistic Health, 5(1), 47-56.

Putri, A. F. (2019). Pentingnya orang dewasa awal menyelesaikan tugas perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35-40.

Ramaiah. (2015). Kecemasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor

Rangkuti, S., & Finaliya, E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan WUS Tentang Flour Albus Di BPM Dewi Suyanti Tahun 2020. Journal of Midwifery Senior, 4(2), 13-24

Regilta, W. W., & Sofianawati, A. (2021). Tingkat Kesadaran Para Mahasiswa Remaja Dari Berbagai Perguruan Tinggi Di Indonesia Terhadap Gejala Keputihan Normal Dan Abnormal. Jurnal Medika Hutama, 2(02), 686-697

Rismawan, W. (2017). Gambaran Tingkat Kecemasan wanita usia subur 20-45 tahun yang mengalami keputihan di rw 01 Kelurahan Setiajaya Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, 17(1), 166-175.

Stuart, G.W. (2012). Buku Saku Keperawatan Jiwa, Edsisi 5. Jakarta. EGC.

Syahlani, A., Redjeki, D. S. S., & Rini, R. (2013). Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Dan Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Organ Reproduksi Dengan Kejadian Keputihan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pekauman Banjarmasin. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 4(2), 101-111.

Wulaningtyas, E. S., & Widyawati, E. (2018). Hubungan kejadian Flour Albus dengan tingkat kecemasan terhadap Infeksi Maternal pada WUS. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(2), 123-128.

Published
2023-03-15
How to Cite
Andari, A. S., Priasmoro, D. P., & Indari, I. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Wanita Usia Subur yang Mengalami Keputihan Patologis. Nursing Information Journal, 2(2), 81-89. https://doi.org/10.54832/nij.v2i2.378
Source