Hubungan Pemberdayaan Keluarga Dengan Kemampuan Keluarga Merawat Ibu Nifas

Hubungan Pemberdayaan Keluarga Dengan Kemampuan Keluarga Merawat Ibu Nifas

  • Amita Audilla STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
  • Nurhidayati STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
  • Manggar Purwacaraka STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
  • Rio Ady Erwansyah STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
Keywords: Pemberdayaan keluarga, Masa nifas, Perawatan ibu nifas

Abstract

Pemberdayaan   keluarga   merupakan  intervensi   keperawatan   yang  dirancang dengan tujuan untuk mengoptimalkan kemampuan keluarga sehingga anggota keluarga memiliki  kemampuan  secara  efektif  merawat  anggota  keluarga  dan  mempertahankan  kehidupan mereka. Masa nifas adalah masa yang dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil yang berlangsung sampai 42 hari. Perawatan  diri  pada  masa  nifas diperlukan  karena  pada  masa  nifas  wanita  akan  banyak  mengalami  perubahan  pada  dirinya,  baik fisik maupun psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberdayaan keluarga dengan kemampuan keluarga merawat ibu nifas, selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku, dan sikap keluarga dalam memberikan pemberdayaan untuk merawat ibu nifas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional, jumlah sampel 40 ibu nifas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional sampling dengan menggunakan rumus besar sampel. Instrument yang digunakan dalam peneitian ini yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner untuk mengukur pemberdayaan keluarga dan kemampuan keluarga merawat ibu nifas yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hubungan pemberdayaan keluarga dengan kemampuan keluarga merawat ibu nifas setelah diuji menggunakan independent T-Test didapatkan hasil p value 0,000. P value 0,000 < (α = 0,05), maka H0 ditolak yang artinya ada hubungan pemberdayaan keluarga dengan kemampuan keluarga merawat ibu nifas di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. UMM Press.
Amelia, M., Nurchayati, S., Veni, &, & Elita. (2014). Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Keluarga Untuk Memberikan Dukungan kepada Klien Diabetes Mellitus Ddalam Menjalani Diet. 1–10.
Aprillia, Y. (2010). Hipnostetri : Rileks, Nyaman, dan Aman Saat Hamil dan Melahirkan. Gagas Media.
Ardian, I. (2014). Pemberdayaan Keluarga (Family Empowerment) sebagai Intervensi Keperawatan Keluarga (Internet), tersedia dalam < http://research.unissula.ac.id/research/pages/publikasi.php?id=ODc5YXBh eWFlbmtyaXBzaW55YT8.
Hastono.Priyo, S. (2007). Modul Analisis Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Kemenkes RI. (2017). Buku Monitoring dan Evaluasi PIS-PK. Kemenkes RI.
Nirwan, Tahlil, T., & & Usman, S. (2016). Dukungan Keluarga Dalam Perawatan Pasien Gangguan Jiwa Dengan Pendekatan Health Promotion Model The Family Support In Caring Of Mental Disorder Patients With Health Promotion Model Approach. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(2).
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Riasmini, N. M., Permatasari, H., Chairani, R., Astuti, N. P., Ria, R. T. T. M., &, & Handayani, T. W. (2017). Panduan Asuhan Keperawatan Individu, Keluarga, Kelompok, dan Komunitas dengan Modifikasi NANDA, ICNP, NOC dan NIC di Puskesmas dan Masyarakat. Penerbit Universitas Indonesia.
Wahyuni, S., Afandi, A., &, & Widyawati, S. A. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Dan Menyusui Melalui Pengembangan Model Dan Media Animasi Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi. Jurnal Ilmiah Permas. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10(1), 103–108.
Webster, J., Nicholas, C., Velacott, C., Cridland, N., & dan Fawcett, L. (2011). Quality of Life And Depression Following Childbirth :Impact of Sosial Support. 27(5).
World Health Organization (WHO). (2008). WHO Technical Consultation on Postpartum and Postnatal Care. Geneva.
Zainur, R. Z., dan Loh, K. Y. (2006). Postpartum Morbidity-What We Can Do. Med J Malaysia, 61(5).
Published
2022-12-23
How to Cite
Audilla, A., Nurhidayati, Purwacaraka, M., & Ady Erwansyah, R. (2022). Hubungan Pemberdayaan Keluarga Dengan Kemampuan Keluarga Merawat Ibu Nifas . PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 4(1), 155-161. https://doi.org/10.54832/phj.v4i1.340
Section
Articles
Source