THE EFFECTIVENESS OF INFANT MASS EFEKTIFITAS PIJAT BAYI TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BALITA GIZI KURANG DI DESA WASEGI INDAH KECAMATAN PRAFI KABUPATEN MANOKWARI

  • nikadek STIKes Bakti Utama Pati
  • Siti Muawanah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
  • M. Zuhal Purnomo Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
Keywords: Pijat Bayi; Berat Badan, Balita, Gizi Kurang

Abstract

Balita dengan gizi kurang menjadi masalah bagi generasi yang akan datang, dikarenakan masa balita masuk pada fase tumbuh kembang. Untuk memantau tumbuh kembang, bidan perlu membentuk stimulasi secara langsung yang diterapkan kepada balita, salah satu intervensi tersebut adalah pijat bayi.Pijat masuk pada salah satu metode pengobatan non farmakologi yangmana pelaksananaanya  meliputi seni perawatan kesehatan dan pengobatan yang mampu melemaskan sendi yang terlalu kaku dan menyatukan organ tubuh dengan gosokan yang kuat, masa ini pijat bahkan sudah diterapkan pada anak dengan tujuan peningkatan berta badan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian pijat bayi terhadap peningkatan berat badan pada balita gizi kurang di Desa Wasegi Indah Kecamatan Prafi Kabupaten Manokwari sebelum dan sesudah diberikan intervensi pijat. Desain pada penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan jenis rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 30 responden. 30 responden mengalami kenaikan berat badan hasil perhitungan dengan analisis satatistik dengan paried t-test nilai p (value) 0.00 < α (0.05). Hasil menunjukkan bahwa secara statistik ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan intervensi pijat terhadap peningkatan berat badan balita kurang gizi di Desa Wasegi Indah Kecamatan Prafi Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, dengan demikian diharapkan bidan di Wasegi Indah dapat memberikan intervensi pijat bayi pada balita kurang gizi , sehingga angka kejadian balita kurang gizi dapat berkurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abeway, S. et al. 2018. Research Article: Stunting and Its Determinants among Children Aged 0-59 Months in Nothern Ethiopia: A Cross-Sectional Study. Journal of Nutrition and Metabolism.

Almatsier, S. 2009. PrinsipIlmu Dasar Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Adriani, M, Bambang W. 2014. Gizi Kesehatan Balita (PerananMikro Zinc pada PertumbuhanBalita). Jakarta: Kencana.
Andriani, R. 2016. Hubungan Antara Indeks Masa Tubuh dan Aktivitas Fisik dengan Volume OksigenMaksimum. Universitas Muhammadiyah urakarta: Surakarta.

Astriana, A &Suryani, I. 2016. PengaruhPijat Bayi TerhadapPeningkatan Berat Badan pada Bayi

Aziz, Moh. Ali dkk. 2005. DakwahPemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodologi. Yogyakarta: LKiS Pelangi Nusantara.

Depkes RI. 2006. Status Gizi dan Imunisasi Ibu dan Anak di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Dewi, SSS. 2018. PengembanganGaleriPelatihanPijat Bayi bagikaderPosyandu Balita Wilayah KerjaPuskesmasLabuhanRasoki.Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA) 3 (1), 33-37, 2018.

Field, T. M., S. Schanberg. 1989. Massage Alters Growth and Catecholamine Production in Preterm Newborns, in Advances Touch. New Implication in Human Development, Pediatric Round Table. USA.

Gulford J. P. 1973. Creativity. USA: American Psichologist.

Irianti, B. 2018. Faktor-faktor yang menyebabkan Status Gizi Kurang pada Balita di Wilayah KerjaPuskesmas Sail Pekanbarutahun 2018. Midwifery Journal: JurnalKebidanan UM. Mataram 3 (2), 95-98, 2018.

Irianto, Koes. 2014. GiziSeimbangdalam Kesehatan Reproduksi (Balanced
Nutrition in Reproductive Health). Bandung: ALFABETA.

Marni. 2019. Pengaruh Pijat Bayi terhadap Peningkatan Berat Badan pada Bayi. Jurnal Kebidanan Indonesia 10 (1), 12-18, 2019.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan Rd. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratufelan, E &Unaidi, J. 2018. Hubungan Pola Makan, Ekonomi Keluarga dan Riwayat Infeksi dengan Kejaian Gizi Kurang pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Benu-Benuatahun 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 3 (2).


Santoso, I. 2010. Pengaruh Pijat Bayi terhadapPeningkatanBerat Badan pada Balita Gizi Kurang usia 12-24 bulan di Puskesmas Imogiri II Kabupaten Bantul. UMS, 2010
Published
2023-06-15
How to Cite
nikadek, N. K. M., Siti Muawanah, & M. Zuhal Purnomo. (2023). THE EFFECTIVENESS OF INFANT MASS EFEKTIFITAS PIJAT BAYI TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BALITA GIZI KURANG DI DESA WASEGI INDAH KECAMATAN PRAFI KABUPATEN MANOKWARI. PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 4(2), 390-397. https://doi.org/10.54832/phj.v4i2.445
Section
Articles
Source