Kombinasi Perawatan Payudara dan Kompres Aloe Vera Berpengaruh Terhadap Penurunan Pembengkakan Payudara Ibu Nifas

  • Siti Maisaroh STIKes Bakti Utama Pati
  • Uswatun Kasanah STIKes Bakti Utama Pati
  • Ana Rofika STIKes Bakti Utama Pati
Keywords: pembengkakan payudara, perawatan payudara, kompres aloe vera

Abstract

Pembengkakan payudara jika tidak ditangani dengan segera dapat menimbulkan masalah baru yaitu mastitis dan bahkan abses payudara. Tujuan dilakukan riset ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perbedaan penurunan pembengkakan payudara ibu nifas menggunakan kombinasi perawatan payudara dan kompres aloe vera. Riset yang dilakukan menggunakan jenis quasi experimental dengan Intact-Group Comparison., dengan desain post-test with control group. Ibu bersalin sejumlah 45 orang adalah populasi untuk riset ini, dengan sampel 32 yang diambil dengan cara purposive sampling. Pada riset ini menggunakan uji man whitney karena data berdistribusi tidak normal. Alat ukurĀ  pada penelitian ini menggunakan SPES. Riset ini mengahasilkan adanya ada perbedaan pembengkakan payudara ibu nifas pada kelompok kombinasi perawatan payudara dan kompres aloe vera dengan pembengkakan payudara ibu nifas pada kelompok perawatan payudara, dengan nilai p value 0,002 < 0,05. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu nifas terutama dalam masalah penatalaksanaan payudara bengkak pada ibu nifas dan dapat meningkatkan penyuluhan pada ibu nifas tentang kondisi fisik dan psikologi ibu nifas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermiati, R. M. (2013). Ekstrak Daun Sirih Hijau dan Merah sebagai Antioksidan pada Minyak Kelapa. . Jurnal Teknik Kimia USU, 2 (1), 37-43.
Katuuk M, .. K. (2018). Hubungan Pengetahuan perawatan payudara dengan Kelancara Produksi ASI pada ibu post partum di Ruangan Dahlia RSD Liun Kendaghe Tahuna. Jurnal Keperawatan vol 6 no 1.
Kristiyanasari., J. d. (2016). Asuhan Keperawatan Operatif. Yogjakarta: Nuha Medika.
Kumalasari, I. (2015). Panduan Praktik Laboratorium dan Klinik Perawatan Antenatal, Intranatal, Postnatal, Bayi Baru Lahir dan Kontrasepsi. Jakarta: Salemba Medika.
Margorejo, P. (2022). Angka kejadian atau prevalensi mastitis dan abses payudara pada ibu nifas . Pati: Puskesmas Margorejo.
Maritalia, D. (2012). Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Marmi. (2015). Asuhan Kebidanan pada persalinan. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Maryunani., A. (2015). Inisiasi Menyusu Dini, Asi Eksklusif dan Manajemen Laktasi. Jakarta: CV Trans Info Media.
Meilirianta, d. (2014). Pengaruh Perawatan Payudara Terhadap Pengeluaran Air Susu Ibu (ASI) pada Ibu Post Partum di Rumah Bersalin Wargi Lestari Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan .
Published
2023-07-03
How to Cite
Maisaroh, S., Kasanah, U., & Rofika, A. (2023). Kombinasi Perawatan Payudara dan Kompres Aloe Vera Berpengaruh Terhadap Penurunan Pembengkakan Payudara Ibu Nifas. PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 4(2sp), 305-311. https://doi.org/10.54832/phj.v4i2sp.589
Source